Perhatikan pernyataan berikut. 1) tenaga kerja didominasi oleh perempuan 2) banyaknya usia non produktif 3) rasio beban ketergantungan tinggi 4) tenaga kerja di dominasi oleh laki-laki Pada tahun 2019 suatu daerah memiliki rasio ketergantungan 80 dan rasio jenis kelamin sebesar 88.

Perhatikan pernyataan berikut.

1) tenaga kerja didominasi oleh perempuan

2) banyaknya usia non produktif

3) rasio beban ketergantungan tinggi

4) tenaga kerja di dominasi oleh laki-laki Pada tahun 2019 suatu daerah memiliki rasio ketergantungan 80 dan rasio jenis kelamin sebesar 88.

Berdasarkan fakta tersebut, maka daerah tersebut memiliki potensi terjadinya ….

a. 1, 2, dan 3

b. 1, 3, dan 4

c. 2, 3, dan 4

d. 4 saja

e. semua benar

 

Jawaban benar pada soal ini adalah A.

Berikut adalah penjelasannya.

Rasio ketergantungan adalah angka perbandingan penduduk non produktif pada setiap 100 penduduk produktif dalam kurun waktu satu tahun. Sedangkan rasio jenis kelamin adalah banyaknya penduduk laki-laki pada setiap 100 penduduk perempuan dalam kurun waktu satu tahun. Klasifikasi rasio ketergantungan dan jenis kelamin dikatakan tinggi apabila menghasilkan angka lebih dari nilai kostanta, yaitu 100. Mengacu pada soal, di suatu daerah pada tahun 2019 memiliki rasio ketergantungan 80 dan rasio jenis kelamin sebesar 88. Hal tersebut menunjukkan angka ketergantungan penduduk hampir tinggi, serta wilayahnya didominasi oleh penduduk perempuan dengan sedikit selisih jumlah dengan penduduk laki-laki. Sehingga daerah tersebut memiliki beberapa potensi sebagai berikut:

1. Tenaga kerjanya didominasi oleh penduduk perempuan.

2. Banyaknya usia non produktif.

3. Rasio beban ketergantungan cukup tinggi.

Leave a Comment